Cari Blog Ini

Minggu, 17 April 2016

KEGIATAN EKONOMI MANUSIA : KREATIF DAN BERMORAL

Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan makhluk lain, dimana manusia diberi anugerah akal budi dan perasaan yang membuat manusia memiliki kecerdasan dan rasa yang membuat dirinya unggul dibanding makhluk lain. 


Dalam kegiatannya, manusia mengandalkan kecerdasan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dalam memenuhi kebutuhannya hidupnya, termasuk di dalam kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan memproduksi, mendistribusi dan mengkonsumsi barang-barang kebutuhan hidup bagi manusia, oleh karena itu diperlukan akal dan nurani yang cerdas dalam memenuhinya. Sebagai contoh ketika ada seorang laki-laki yang merasa pendapatannya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka dia akan menjalankan bisnis tambahan dengan menjadi tukang ojeg sepulang dia kerja. Artinya, lak-laki ini kreatif memanfaatkan peluang dalam menambah penghasilan di sela-sela waktu luangnya dalam memenuhi kebutuhannya.

Kreatifitas dalam kegiatan ekonomi sangat diperlukan saat ini, karena manusia cenderung dinamis dan berkembang. Manusia juga tidak pernag merasa puas akan pencapaian yang telah diperolehnya. Oleh karena itu maka perkembangan kecerdasan dan juga perilaku sosial manusia akan selalu menghasilkan kondisi kehidupan yang berkembang pula. Contohnya adalah kendaraan mobil dahulu kala hanya berupa kereta kuda yang kemampuannya terbatas telah digantikan oleh mobil dengan tenaga mesin yang mampu bertahan lebih lama. Contoh lain adalah ketika bisnis dahulu belum berkembang pesat hanya membutuhkan mesin hitung kalkulator, seiring dengan meningkatnya kegiatan dan transaksi bisnis maka diperlukan komputer untuk perhitungannya. Dengan contoh-contoh diatas tampak sekali diperlukan manusia yang kreatif dan inovatif dalam menjawab kebutuhan-kebutuhan manusia yang selalu dinamis dan berkembang dan tidak pernah puas.
Ketika manusia menghasilkan inovasi dalam kehidupannya maka ada tahapan-tahapan penting yang dilalui sehingga kreatifitas tersebut selalu berkembang setiap saat. Tahapan yang dilalui adalah :
1. Discovery yaitu tahapan ketika manusia menemukan teknologi pertama kali dan membuat barang dengan teknologi yang masih sederhana. Barang yang dihasilkan masih jauh dari sempurna karena masih kurangnya pemahaman dan juga kreatifitas manusia. Barang yang dihasilkan masih sederhana dan masih bisa dikembangkan lagi. Contohnya adalah perkembangan kendaraan mobil yang diciptakan manusia sejak pertama kali dibuat hingga saat ini, sudah sangat jauh berubah.


2. Invention yaitu ketika manusia mulai melakukan penjelajahan terhadap pengetahuan baru yang mendorong dia mampu menyempurnakan kreatifitas yang telah dihasilkannya menjadi lebih bagus lagi. Hasil produk manusia jauh lebih bagus seiring dengan perkembangan kecerdasan dan teknologi manusia. Contohnya desain dan feature mobil semakin berkembang pesat dibanding dahulu.


3. Future Plan yaitu ketika manusia masih ingin mengembangkan apa yang sudah ada saat ini dengan imajinasi konsep baru di masa mendatang sehingga produknya lebih bagus dan mampu memenuhi selera kebutuhan mereka di masa mendatang. Contohnya desain mobil yang semakin futuristik dengan sentuhan teknologi tinggi yang sangat aerodinamis dan berteknologi tinggi.


Kegiatan ekonomi telah mendorong manusia untuk melakukan berbagai cara dalam memperoleh kebutuhan hidupnya. Manusia kemudian dalam perjalanannya menguntungkan dirinya sendiri tanpa melihat lagi moral [tindakan baik/positif] ketika ingin memenuhi kebutuhan hidupnya. Moralitas manusia saat ini mengalami penurunan hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam masalah yang tampak saat ini misalnya korupsi, kerusakan lingkungan dll. Kegiatan ekonomi yang bermoral adalah kegiatan melakukan pemenuhan kebutuhan hidup dengan melakukan produksi, distribusi dan konsumsi yang benar, wajar, tidak merusak, bersusila, dan hemat.  
Dalam banyak kejadian ketika manusia melakukan pemenuhan kebutuhan hidupnya dengan tidak benar maka banyak dari mereka harus mendekam di penjara, karena mereka dianggap melanggar hukum dengan merugikan orang lain atau negara. Banyaknya kasus korupsi di dunia menjadi contoh nyata bahwa manusia ingin memiliki kekayaan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara-cara yang tidak dibenarkan oleh masyarakat. Atau ketika menusia melakukan pencurian, penipuan, peretasan ilegal di internet bahkan perampokan juga merupakan tindakan yang tidak benar karena melanggar hukum dan norma yang ada di masyarakat.
 



Kemudian banyak pula orang melakukan pemenuhan kebutuhan hidupnya dengan tidak wajar, misalnya ketika seorang manajer sebuah toko bekerja melebihi batas waktu jam kerja sehingga banyak dari kemudian sakit bahkan hubungan dengan keluarga menjadi renggang karena banyak waktunya dihabiskan di tempat kerja. Artinya bahwa ketika manusia ingin memenuhi kebutuhan hidupnya, harus dilakukan dengan cara yang wajar dan tidak melebihi batas kemampuannya, sehingga dia tidak dirugikan dengan tindakannya tersebut. Jika batas waktu jam bekerja memang 8-9 jam, maka sebaiknya melakukan hal tersebut demi menjaga kesehatan dan keseimbangan hidupnya. Kebutuhan hidup sampai kapanpun akan selalu berubah dan manusia pada dasarnya memiliki karakter tidak pernah puas, oleh karena itu keinginan dari dalam dirinya untuk menjaga keseimbangan hiduplah yang mampu meredam itu semua.


Pemenuhan kebutuhan hidup dengan merusak juga banyak dijumpai saat ini. Saat ini alam yang kita miliki memiliki fungsi sebagai penyokong kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak sumber kebutuhan yang diperoleh dari alam, oleh karena itu manusia wajib menjaga kelestariannya, agar alam mampu terus menyuplai kebutuhan manusia. Jika kita tidak merawat dan melestarikannya maka di masa mendatang kerugian besar akan di derita oleh generasi selanjutnya. Contohnya ketika banyak kebutuhan akan minyak nabati yang mendorong masyarakat dan perusahaan menanam kelapa sawit. Penanaman kelapa sawit dilakukan dengan membuka area baru sebagai perkebunan. Awalnya area-area ini adalah hutan alam yang dihuni oleh aneka satwa dan tanaman hutan yang menjadi paru-paru dunia, namun ketika manusia merusak hutan tersebut maka kondisi polusi udara yang meningkat tidak mampu dikurangi lagi karena berkurangnya hutan. Kemudian pembukaan lahannya pun dilakukan dengan cara membakar hutan sehingga asapnya menyebar bahkan ke negara tetangga dan menyebabkan banyak gangguan kesehatan warganya. Hal ini tentu sangat merugikan banyak pihak. Sudah seharusnya ketika membuka lahan kelapa sawit juga dilakukan dengan cara yang baik dan tidak merusak seperti itu, agar alam tetap mampu menyediakan kebutuhan manusia selamanya. Contoh lain yaitu ketika manusia melakukan penambangan emas dan banyak menggunakan cairan mercury yang sangat merusak dan mencemari lingkungan sehingga banyak kerugian yang ditimbulkannya, atau ketika manusia melakukan pencurian ikan dengan menggunakan bom laut sehingga merusak terumbu karang sebagai rumah dari ikan-ikan itu, yang kemudian malahan membuat banyak ikan pergi meninggalkan perairan tersebut sehingga nelayan sendiri yang mengalami kerugian.
 

 

Melakukan kegiatan ekonomi dengan mengedepankan kesusilaan juga penting dilakukan, karena kesusilaan berkaitan pula dengan norma, etika dan nilai yang berlaku di masyarakat. Ajaran agamapun juga selalu mengingatkan kepada manusia agar selalu menjaga norma kesusilaan dalam hidup ini. Kesusilaan bersumber dari hati dan perasaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Hal-hal yang berhubungan dengan kesusilaan diantaranya adalah memelihara kejujuran, tidak menipu/berbohong, tidak melakukan fitnah dan tidak melakukan perzinahan. Contoh ketika seorang siswa harus membayar iuran kas kelas sebesar Rp 10.000, namun dia meminta uang lebih banyak kepada orangtuanya dengan alasan bahwa iuran kas nya memang Rp. 20.000, dan kelebihannya dia gunakan untuk membeli kartu permainan. Ketidakjujuran seperti ini disebut dengan pelanggaran kesusilaan yang berlaku di dalam hubungan antar manusia. 



Saat ini pola konsumsi manusia memang sedang mengalami peningkatan terutama ketika kualitas hidup manusia meningkat. Ketika manusia mengalami peningkatan dalam pendapatan hidupnya maka kebutuhan hidupnya akan bertambah. Jika manusia tidak bisa hemat dan mengendalikan keinginannya maka akan terjadi pemborosan yang begitu besar yang dapat merugikan manusia sendiri. Contohnya ketika saat ini kemampuan membeli kendaraan bermotor semakin besar di masyarakat maka kebutuhan kita akan Bahan Bakar semakin tinggi. Padahal bahan bakar berasal dari sumber daya yang tidak bisa diperbaharui, kita akhirnya terancam oleh krisis bahan bakar minyak dan harga bbm akan menjadi semakin mahal. Hal ini disebabkan manusia tidak bisa berhemat dalam penggunaan bbm tersebut. Atau ketika negara RRC pernah mengalami krisis sumpit karena semakin habisnya sumberdaya kayu sebagai bahan dasar pembuatan sumpit tersebut, hal ini diatasi dengan anjuran pemerintah agar dibuat sumpit yang bukan dari kayu.



Bahasan tersebut diatas merupakan bagian penting dalam kita mengenal dan mempelajari kegiatan ekonomi manusia. Manusia diharapkan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya mampu menjaga keseimbangan baik alam, sosial dan ekonomi sehingga kehidupan manusia dapat berjalan dengan baik, tidak ada yang merasa lebih diuntungkan maupun dirugikan dan semua hal/tindakan mampu memberikan kesejahteraan bagi manusia.

Tidak ada komentar: