Cari Blog Ini

Minggu, 20 September 2015

GEOMORFOLOGI

Ketika cuaca cerah dan pemandangan di langit malam sangat cerah sehingga memungkinkan kita melihat pemandangan seperti ini, bagaimana perasaanmu ?


Apa yang dapat kalian lihat dari pemandangan dalam gambar diatas ini ? indah bukan? Tampilan bulan disaat malam hari yang cerah memang memancarkan keindahan yang dapat kita lihat dari jarak 38.000 km ini. Namun apakah kita sadar tampilan bulan yang begitu indah tersebut yang seolah-olah bulat dan cantik memiliki bentuk asli yang menyeramkan jika kita melakukan pengamatan secara lebih dekat ?


Hal ini dapat terjadi karena jika diperhatikan secara detail, ternyata bulan memiliki bentuk yang tidak rata. Atau dengan kata lain kondisi permukaan bulan tidak rata. Sama dengan bulan, bumi jika diperhatikan dari kejauhan akan jauh lebih indah daripada bulan. Karena bumi merupakan planet yang memiliki aneka warna yang indah dibandingkan lainnya.


Namun, seperti yang sudah seringkali kita lihat dalam hidup kita bahwa bumi memiliki bentuk lahan yang beraneka ragam. Ada yang tinggi, datar bahkan ada yang dalam.

Hal ini yang akan kita pelajari selanjutnya bahwa bumi memiliki Morfologi yang tidak sama.Ada permukaan bumi kita yang menjulang tinggi ke atas berupa gunung berapi atau pegunungan, ada kawasan daratan yang rendah seperti pantai dan tempat yang dalam seperti halnya sebuah palung laut. Itulah keragaman bentuk permukaan bumi kita yang akan kita kenal sebagai Geomorfologi. Bagaimana geomorfologi terbentuk dan apa yang mempengaruhinya akan kita ulas satu persatu di bagian ini.

TENAGA GEOLOGI
Bentuk permukaan bumi yang beraneka ragam ini ternyata dibentuk oleh tenaga yang sering kita sebut sebagai tenaga Geologi. Tenaga inilah yang merubah tampilan permukaan bumi kita perlahan lahan sehingga dinamis. Tenaga Geologi ini akan kita pecah menjadi 2 yaitu a) Tenaga Endogen dan b) Tenaga Eksogen.

Tenaga ENDOGEN adalah bagian dari tenaga geologi yang ikut mempengaruhi bentuk permukaan bumi kita, tenaga endogen ini berasal dari dalam bumi kita yang berwujud cairan kental panas yang sering kita sebut dengan Magma. Pergerakan magma inilah yang nantinya sangat mempengaruhi terjadinya tenaga Endogen dari dalam bumi kita. Dalam tenaga Endogen ada 3 aktivitas yang sangat dipengaruhi oleh hal tersebut yaitu 1. Vulkanisme [Aktivitas Gunung Berapi] , 2. Tektonisme [Gerak Lempeng] dan 3. Seisme [Gempa]

1. VULKANISME
Aktivitas keluarnya magma dari dalam permukaan bumi menuju ke permukaan bumi kita kenal sebagai aktivitas Vulkanisme. Aktivitas ini terjadi secara alami akibat adanya proses konveksi magma di bawah permukaan bumi kita yang terjadi terus menerus. Magma yang memiliki suhu sangat tinggi akan menghasilkan tekanan yang juga sangat besar.


Ilustrasi ceret air yang ditaruh di kompor, dipanaskan dengan suhu 100 derajat Celcius airnya, maka akan tercipta tekanan yang besar dari uap air tersebut. Bisa dibayangkan tekanan yang tercipta dari magma yang volumenya jutaan km3 dan dengan suhu ribuan derajat Celcius? 
Oleh karena tekanan yang begitu besar maka magma berusaha mencari celah agar naik ke permukaan bumi melalui celah-celah atau saluran di permukaan bumi yang akan kita kenal sebagai gunung berapi. Gunung berapi merupakan saluran magma yang memungkinkan dirinya melepas energi keluar dari dalam bumi. Jika energi atau tekanan tidak dilepaskan maka akan ada akumulusi energi yang mengakibatkan letusan sebuah gunung berapi menjadi sangat dahsyat.

Arus konveksi magma secara alami membuat magma yang bersuhu sangat tinggi akan naik menuju ke permukaan bumi dibandingkan dengan magma yang suhunya lebih dingin akan turun. Pada saat itulah ada kemungkinan magma menuju keluar dan menghasilkan letusan gunung berapi atau menghasilkan pelebaran lempeng bumi.


2. TEKTONISME
Seperti yang kita ketahui, bahwa kita semua penghuni planet bumi, sebenarnya kita semua sedang berdiri dan hidup di lapisan tanah yang seolah olah keras dan padat, namun ternyata lapisan yang kita huni saat ini merupakan lapisan yang sangat tipis yang mengapung di tengah-tengah samudera magma yang begitu besar. Bumi kita dengan diameter kurang lebih 12 ribu kilometer hanya memiliki kedalaman tanah ratusan kilometer. Sehingga jika dianalogikan maka memang kita seperti selembar kertas yang mengapung di lautan magma yang begitu panas, sehingga kertas tersebut tidak pernah stabil melainkan bergerak dinamis mengikuti arus konveksi yang terjadi di magma. Ketika Magma melakukan gerakan yang menyebabkan adanya perubahan posisi lempeng bumi kita.maka peristiwa kita sebut sebagai Tektonisme.


Gerakan lempeng yang terbentuk dari adanya pergerakan magma di bawah permukaan bumi sendiri akan menyebabkan perubahan bentuk muka bumi kita. Ada kemungkinan yang terjadi ketika lempeng saling bertabrakan yaitu sama sama memiliki kekuatan, ada yang satu cenderung lemah atau sama-sama lemah. Dan pergerakan lempeng tersebut memiliki 3 bentuk yaitu :


3. GEMPA BUMI
Gempa bumi merupakan salah satu dari bagian tenaga Endogen karena gempa turut membentuk permukaan bumi kita menjadi beraneka ragam. Gempa bumi di pegunungan Himalaya secara perlahan lahan turut membuat gunung ini selalu meningkat ketinggiannya. Kemudian gempa bumi di Aceh 2004 silam, turut mengubah peta dasar Samudera Hindia bahkan Pulau Sumatera dikatakan mengalami pergeseran sejauh beberapa cm. Tenaga ini pada dasarnya disebabkan oleh aktivitas magma di dalam bumi yang memicu adanya getaran di permukaan bumi selain beberapa kejadian disebabkan oleh faktor luar yaitu gempa runtuhan seperti kasus batuan ekstraterestrial dari luar angkasa atau gedung runtuh, dll. Gempa jika terjadi di lautan memiliki potensi membunuh lebih besar karena diiringi dengan adanya kejadian Tsunami yang dapat menyapu wilayah daratan di tepi pantai.







Tidak ada komentar: